Penjas

DESKRIPSI PEMELAJARAN

MATA DIKLAT : PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAH RAGA
TUJUAN : 1. Membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmanai dan rohani dan menumbuhkan rasa sportivitas
2. Membangun sikap disiplin dan kerjasama peserta didik
KOMPETENSI : Mendemonstrasikan kemampuan bermain dalam olahraga permainan
KODE : A
DURASI PEMELAJARAN : 70 Jam @ 45 menit

SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Keterampilan gerak dasar permainan
 Melakukan jenis gerak berpindah tempat yang terkoordinasi.
- melompat (1 & 2 kaki)
- berlari dengan irama dan arah berubah.
 Melakukan jenis gerak di-tempat yang menekankan unsur kestabilan dan kese-imbangan.
- bertumpu
- menggantung
- gerak tubuh ke berbagai arah.
 Melakukan jenis gerak manipulatif dengan koordinasi dan teknik yang baik.
- menangkap
- melempar
- menendang
- memukul dengan alat
 Gerak Dasar
 Permainan reaksi  Menumbuhkan sifat kompetitif
 Cermat dan tangkas mengambil keputusan
 Membangkitkan kete-kunan dan kesenangan akan aktivitas fisik
 Jenis keterampilan dasar
 Prinsip pengembangan dan pemindahan daya/ momentum  Lokomotor
 Nonlokomotor
 Manipulatif
 Pengembangan dan pe-mindahan daya
 Waktu reaksi
2. Strategi dasar ber-tahan (devensif strategy)  Menempatkan diri dalam posisi yang menguntungkan ketika bertahan
 Ketepatan mengambil kepu-tusan dalam memilih skill yang digunakan
 Menggunakan teknik dengan baik
 Modifikasi olahraga permain-an (sentuh, target, net/ dinding, serangan, lapang-an)
 Olahraga permainan (resmi dan tradisional)
 Mengembangkan sikap tanggung jawab
 Menumbuhkan kerja-sama dan disiplin
 Cermat dan tangkas mengambil keputus-an

 Pola bertahan dalam cabang olahraga beregu: man to man, zone defence, dan lain-lain.
 Pola bertahan dalam cabang olahraga individual  Menjadi pemain bertahan yang baik
 Menjadi pemain yang terampil dan berprestasi.

3. Strategi dasar menyerang  Menempatkan diri dalam posisi yang menguntungkan ketika menyerang
 Ketepatan mengambil kepu-tusan dalam memilih skill yang digunakan
 Menggunakan teknik dengan baik
 Mendemonstrasikan kemam-puan untuk mendukung ke-berhasilan tim.
 Lead ups games/modifikasi (sentuh, target, net/dinding, serangan, lapangan)
 Olahraga tradisional
 Permainan modifikasi olah-raga
 Permainan olahraga  Melatih inisiatif dan ke-beranian mengambil ke-putusan
 Mengembangkan sifat unggul dan kompetitif
 Mengembangkan kesa-daran kerjasama dengan teman seregu
 Menganalisis kondisi ling-kungan bermain secara kritis
 Pola penyerangan dalam permainan beregu dan individual  Menjadi pemain penyerang yang baik
 Menjadi pemain yang terampil dan berprestasi
4. Mahir bermain dalam salah satu cabang olahraga permainan  Menguasai pengetahuan tentang peraturan dan strategi bermain
 Menerapkan peraturan per-mainan dalam bentuk peri-laku competitive fairplay.
 Mendemonstrasikan kemam-puan teknis dan strategis dalam permainan
 Penerapan peraturan per-mainan
 Fairplay  Peraturan permainan  Mahir menerapkan teknik dasar sesuai dengan per-aturan yang berlaku

KOMPETENSI : Mendemonstrasikan kemampuan melakukan aktivitas pengembangan
KODE : B
DURASI PEMELAJARAN : 50 Jam @ 45 menit

SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Menerapkan prinsip dasar latihan daya tahan umum  Menyebutkan prinsip dasar latihan daya tahan umum:
- Frequensi
- Intensitas
- Durasi
 Mendemonstrasikan bentuk-bentuk latihan daya tahan umum:
- Fartlek
- Interval
- Aerobik  Daya tahan umum
 Bentuk latihan daya tahan umum  Menyukai latihan daya tahan umum
 Self esteem  Frekuensi latihan
 Durasi latihan
 Intensitas latihan/ denyut nadi permenit
 Bentuk-bentuk latihan  Melakukan latihan daya tahan umum
 Teratur melakukan latihan daya tahan umum
 Meningkat dan atau ter-peliharanya daya tahan umum
2. Menerapkan prinsip dasar latihan daya tahan dan kekuatan otot  Menyebutkan prinsip dasar latihan daya tahan dan kekuatan otot:
- Frequensi
- Ulangan per seri
- Penentuan beban
 Mendemonstrasikan bentuk-bentuk latihan daya tahan dan kekuatan otot:
- Isometrik
- Isotonik  Daya tahan dan kekuat-an otot
 Bentuk latihan daya tahan dan kekuatan otot
 Menyukai latihan daya tahan dan ke-kuatan otot
 Meningkatkan self esteem.  Frekuensi latihan
 Refetisi
 Penetapan beban (loading)
 Konsep beban maksimal dan submaksimal
 Isotonik
 Isometrik  Melakukan latihan daya tahan dan kekuatan otot
 Teratur melakukan latihan daya tahan dan kekuatan otot
 Meningkat dan atau ter-peliharanya daya tahan dan kekuatan otot
3. Menerapkan prinsip dasar latihan fleksibilitas/ kelenturan  Menyebutkan prinsip dasar latihan fleksibilitas:
- Batas toleransi tegangan
- Jenis regangan
- Spesifikasi latihan

 Mendemonstrasikan bentuk-bentuk latihan fleksibilitas:
- Pasif
- Aktif
- PNF  Kelenturan otot
 Bentuk-bentuk latihan ke-lenturan otot
 Menyukai proses latihan kelenturan otot
 Batas toleransi regangan otot
 Jenis regangan
 Spesifikasi latihan
 Pasif
 Aktif
 PNF  Melakukan latihan fleksibi-litas
 Teratur melakukan latihan kelenturan
 Meningkat dan atau ter-peliharanya kelenturan otot

KOMPETENSI : Mendemonstrasikan aktivitas uji diri
KODE : C
DURASI PEMELAJARAN : 50 Jam @ 45 menit

SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Memiliki ketangkasan senam tanpa alat  Melakukan gerak :
- Rol depan
- Rol belakang
- Neck kip
- Kop kip
- Handspring *
 Melakukan gerak :
- Bertumpu depan
- Bertumpu belakang
- Bertumpu samping
- Berdiri satu kaki (scale)
- Berdiri bahu Shoulder stand
- Berdiri kepala (kopstand)
- Handstand  Gerakan Tumbling (gerak-an cepat yang mengan-dung unsur melenting dan melayang dalam satu arah)
 Posisi statis (seimbang)  Menumbuhkan sikap berani
 Membangkitkan rasa per-caya diri
 Menumbuhkan sikap kerja keras
 Membangkitkan ketang-guhan  Senam lantai
- Tumbling
- Posisi statis  Rol
 Neck kip
 Kop kip
 Handspring*
 Bertumpu
 Berdiri satu kaki (scale)
 Berdiri bahu Shoulder stand
 Berdiri kepala (kopstand)
 Handstand
2. Melatih ketangkasan senam dengan alat  Melakukan ketangkasan pada kuda lompat :
- lompat jongkok
- lompat kangkang
- lompat maling

 Melakukan ketangkasan pada palang sejajar/ tunggal
- naik tumpu palang (mount pullover)
- putar belakang panggul (back hip circle)
- guling depan (forward roll)
- lenting tumpu (kip) *  Kuda lompat

 Palang sejajar/tunggal  Menumbuhkan sikap berani
 Membangkitkan rasa per-caya diri
 Menumbuhkan sikap kerja keras
 Membangkitkan ketang-guhan  Senam alat
- Kuda lompat
- Palang Sejajar/ Tunggal  Lompat jongkok, kangkang, dan lompat maling pada kuda lompat
 Naik tumpu palang (mount pullover), putar belakang panggul (back hip circle), guling depan (forward roll), dan lenting tumpu (kip) * pada palang sejajar/tunggal

3. Memiliki ketangkasan atletik nomor jalan dan lari  Mendemonstrasikan kemampuan gerak jalan beregu
 Mendemonstrasikan teknik lari jarak pendek dari mulai start, langkah kaki, gerak ayunan lengan, serta posisi tubuh
 Mendemonstrasikan teknik lari jarak menengah: start, posisi tubuh, peng-aturan kecepatan.  Gerak jalan
 Lari Jarak Pendek dalam berbagai jarak: 20 meter, 40 meter, 50 meter, dan 70 meter.

 Lari Jarak Menengah dalam jarak: 400 meter, 600 meter, dan 800 meter.  Kebersamaan
 Kekompakan
 Kerjasama
 Kedisiplinan

 Menumbuhkan sikap kompetitif
 Membangkitkan semangat dan kesigapan

 Menumbuhkan sikap ulet dan tekun
 Menumbuhkan sikap tidak mudah menyerah  Koordinasi langkah
 Gerak ayunan lengan
 Gerak tungkai
 Start jongkok, start berdiri dan start melayang
 Posisi tubuh
 Ayunan lengan
 Gerakan tungkai  Daya tahan
 Teknik dasar jalan

 Kecepatan
 Kelincahan
 Daya tahan kecepat-an
 Power
 Teknik lari jarak pendek
 Daya tahan umum
 Daya tahan aerobik
 Teknik lari jarak menengah
4. Memiliki ketangkasan atletik nomor lompat  Mendemonstrasikan pola gerak atau teknik dasar lompat jauh

 Mendemonstrasikan pola gerak atau teknik dasar lompat jangkit  Gaya jongkok
 Gaya lenting
 Lompat jangkit sederhana  Self Esteem
 Kecermatan perhitungan
 Keberanian
 Ketangguhan
 Kecermatan perhitungan  Teknik awalan
 Teknik tolakan dan layangan
 Teknik pendaratan
 Pengembangan momen-tum
 Ketepatan check mark

 Prinsip membangun dan memelihara momentum
 Irama langkah  Kecepatan
 Power
 Kekuatan otot
 Daya tahan otot
 Teknik lompat jauh

 Kecepatan
 Power
 Kekuatan otot
 Daya tahan otot
 Teknik lompat jangkit
5. Memiliki ketangkasan atletik nomor lempar
 Mendemonstrasikan pola gerak lempar lembing

 Mendemonstrasikan pola gerak tolak peluru  Lempar bola tenis
 Tolak peluru atau Tolak benda bulat  Menyukai aktivitas lempar
 Membangkitkan sikap kompetitif
 Prinsip lempar
 Teknik lempar
 Prinsip pengembang-an momentum

 Prinsip tolak
 Teknik tolak
 Prinsip pengembangan momentum tolak  Kelentukan
 Kekuatan
 Power
 Teknik lempar lembing

 Kekuatan
 Power
 Teknik tolak peluru
* bagi anak yang sudah dapat mengerjakan keterampilan sebelumnya (enrichment)

KOMPETENSI : Mendemonstrasikan kemampuan melakukan aktivitas ritmik
KODE : D
DURASI PEMELAJARAN : 40 Jam @ 45 menit

SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Kepekaan rasa irama
 Melakukan gerak tubuh di tempat sesuai irama
 Melangkah dan menggerak-kan tubuh mengikuti irama
 Gerak dan irama  Menyenangi dan menik-mati irama musik
 Mengembangkan kehalus-an rasa dan kepekaan seni
 Mengembangkan kehalus-an budi  Menyebutkan perbedaan irama
 Mengenal sumber bunyi yang menimbulkan irama  Melakukan gerak tubuh sesuai irama
 Melakukan gerak langkah sesuai irama

2. Gerak dasar dan pola langkah  Membedakan irama pola langkah 1, langkah 2, langkah 3, dan langkah 4
 Melakukan irama langkah 1, 2, 3, dan 4 dengan tepat
 Mengkreasikan arah dan langkah 1, 2, 3, dan 4 sesuai irama yang ada.
 Mendemonstrasikan contoh pola langkah yang terdapat dalam tarian daerah
 Menguasai pola langkah yang terdapat dalam salah satu jenis dansa populer  Pola langkah dengan variasinya
 Menyenangi dan menikmati irama musik
 Mengembangkan kehalus-an rasa dan kepekaan seni
 Mengembangkan kehalus-an budi
 Mengembangkan etika berdansa
 Keuletan atau ketekunan mempelajari sesuatu  Jenis pola langkah dan variasinya
 Pola langkah dalam tarian daerah dan dansa populer
 Melakukan berbagai pola langkah sesuai irama

3. Menyusun rangkaian gerak berirama dan berpola  Merangkai gerak senam irama sesuai irama musik dengan koreografi sederhana
 Memimpin senam aerobik hasil kreasi sendiri  Senam Irama
 Senam Aerobik  Ketegasan
 Kepemimpinan
 Keberanian
 Kepercayaan diri
 Kerjasama  Pengertian dan jenis senam irama dan aerobic
 Prinsip low impact dan high impact  Senam irama
 Senam aerobik
 Tampil memimpin se-bagai instruktur senam aerobik

KOMPETENSI : Mendemonstrasikan kemampuan olah raga air/renang
KODE : E
DURASI PEMELAJARAN : 40 Jam @ 45 menit

SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mendemonstrasikan salah satu kemampuan mem-pertahankan diri dan me-nyelamatkan orang lain di air  Terapung posisi berdiri (Water trappen) minimal 30 detik
 Menyelamatkan diri sendiri di air dengan psosisi tubuh tengadah di permukaan air minimal satu menit

 Menolong orang lain yang tenggelam  Terapung posisi berdiri di air

 Terapung tengadah di air
 Menolong yang tenggelam di air
 Penuh semangat
 Berusaha keras

 Penuh semangat
 Berusaha keras

 Penuh semangat
 Berusaha keras
 Kerjasama  Teknik efisiensi gerak
 Prinsip tubuh terapung
 Gerak dan terapung di air
 Teknik efisiensi gerak
 Prinsip tubuh di air
 Gerak dan terapung tengadah di air

 Macam-macam teknik menolong
 Meluncur tengadah sambil membawa korban
 Faktor-faktor yang harus diperhatikan  Terapung tanpa gerak
 Gerak kaki di air
 Posisi tubuh di air
 Gerak lengan di air

 Terapung tengadah tanpa gerak
 Posisi tubuh tengadah di air
 Gerak kaki di air
 Gerak lengan di air

 Terapung tengadah tanpa gerak
 Meluncur tengadah di air
 Meluncur tengadah sambil membawa benda di permukaan air
 Meluncur tengadah sambil membawa teman sebagai korban
2. Berenang dengan meng-gunakan salah satu gaya  Memperagakan salah satu gerak start dalam renang

 Memperagakan salah satu gaya renang

 Berlomba dengan temannya  Jenis-jenis loncat
 Jenis-jenis start
 Teknik start yang nyaman bagi siswa

 Gerak berenang
 Berlomba dengan temannya
 Tubuh rileks
 Konsentrasi pada isntruksi
 Giat belajar untuk dapat menguasai gerakan baru
 Merasakan gerak start yang paling cocok

 Tubuh rileks/tidak takut di air
 Konsentrasi pada gerak yang harus dilakukan
 Giat belajar mempela-jari gerak yang belum dikuasai
 Merasakan gerak yang paling nyaman
 Menyenangi tantangan
 Menghargai hasil yang diperoleh
 Kerja keras/melakukan yang terbaiknya
 Menghargai lawan  Berbagai bentuk loncat ke kolam
 Berbagai jenis start dalam renang
 Posisi tubuh pada saat memasuki air

 Gaya dalam berenang
 Peranan posisi tubuh pada saat berenang
 Peranan gerak aki dan lengan
 Gerak ambil napas

 Sifat-sifat kompetitif fair play
 Dampak positif kompetitif fair play
 Aspek kompetitif dalam kehidupan  Loncat dari posisi duduk
 Loncat dari posisi jongkok
 Loncat dari posisi berdiri
 Posisi tubuh pada saat masuk air
 Berbagai gerak kaki dalam berenang
 Berbagai gerak lengan dalam berenang
 Berbagai posisi tubuh di permukaan air
 Berbagai gerak mengambil dan mengatur napas
 Berbagai posisi tubuh dalam air

 Mengucapkan selamat pada lawan berlomba
 Menerima keputusan tanpa keluhan

KOMPETENSI : Mendemonstrasikan aktivitas luar sekolah/petualangan
KODE : F
DURASI PEMELAJARAN : 38 Jam @ 45 menit

SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Memiliki pengetahuan (pengenalan) yang me-madai terhadap kegiatan bertualang di alam ter-buka
 Menjelaskan jenis dan sifat aktrivitas petualangan
 Menunjukkan bukti minatnya pada aktivitas petualangan
 Piknik
 Orientasi di lingkungan sekolah
 Orientasi di lingkung-an penduduk
 Hikking
 Kemping
 Menjelajah
 Mendaki gunung  Menumbuhkan cinta ling-kungan
 Menumbuhkan sifat berani dan dan tegar menghadapi tantangan
 Mengembangkan sifat tidak mudah menyerah
 Mengembangkan ke-mampuan bekerja-sama
 Menumbuhkan rasa ingin tahu serta minat terhadap lingkungan
 Mengenal sifat dan hakikat lingkungan
 Mengenal prinsip kesela-matan serta petualangan  Mengolah informasi se-bagai dasar pengambil-an keputusan.
2. Memiliki pengalaman yang memadai terhadap kegiat-an bertualang di alam ter-buka  Berpartisipasi aktif dalam aktivitas petualangan baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah  Pelaksanaan
 Piknik
 Orientasi di lingkungan sekolah
 Orientasi di lingkungan penduduk
 Hikking
 Kemping
 Menjelajah
 Mendaki gunung  Menumbuhkan cinta ling-kungan
 Menumbuhkan sifat berani dan dan tegar menghadapi tantangan
 Mengembangkan sifat tidak mudah menyerah
 Mengembangkan ke-mampuan bekerjasama
 Menumbuhkan rasa ingin tahu serta minat terhadap lingkungan
 Mengenal sifat dan hakikat lingkungan
 Mengenal prinsip kesela-matan serta petualangan  Kebugaran
 Kekuatan
 Daya tahan
 Kelincahan
 Keterampilan berpe-tualang

Komentar
  1. wiwin nur afni mengatakan:

    wiwin kls ix ap 1

  2. nadya husaimah mengatakan:

    penjas is the best

  3. Dhody selalu setia mengatakan:

    Penjas adalah kesukaanku

  4. Grosir Baju Senam mengatakan:

    Salam kenal Gan
    klo senam aerobik itu apakah gerakan senamnya itu hampir sama dengan senam-senam lainya?
    dan klo ada info mengenai model baju senam terbaru di daerah Surabaya mhon infonya ya? trims Gan :)

  5. pinguin crystal mengatakan:

    selamat malam gan,
    kalau nglakuin senam itu pasti butuh baju yang mendukung ya ?? kalo boleh tau nih, ada nggk yang tahu referensi tentang baju senam murah mungkin yang online juga tidak apa2 ??

  6. bsgcantik mengatakan:

    Halo Gan
    Salam olahraga Gan. mengenai olahraga yaa. misalkan olahraga senam aerobic ya atau senam jenis lainnya itu apakah dibutuhkan tenaga terampil agar porsi dari olahraga tsb tdk ada efek buruk pada tubuh. oh ya Gan saya mau tanya nih, klo toko yang menjual baju senam murah yang keren dimana yaa? trims Gan :)

  7. mala handis mengatakan:

    thank kak for info, oh iya kak bisa berbagi info tentang baju aerobik muslimah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s