KKPI

DESKRIPSI PEMELAJARAN

MATA DIKLAT : KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
TUJUAN : 1. Menggunakan teknologi komputer dalam kehidupan sehari-hari
2. Memiliki kemampuan aplikasi komputer sesuai SKKNI
KOMPETENSI : Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis teks
KODE : HDW.OPR.101.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 8 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku (di perusahan);
 Instruction manual dari masing-masing peralatan;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Konfigurasi umum perangkat PC dengan periferal input/ output standar untuk sistem operasi berbasis teks (monitor, keyboard)
 Pengoperasian komputer sesuai dengan Instruction Manual;

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan pra-penyalaan komputer
 Koneksi catu daya sudah ter-sambung
 Perangkat protective seperti UPS dan stabilizer (jika ada) sudah dinyalakan
 Koneksi Peralatan input/ output sudah tersambung
 Semua komponen sudah disiapkan untuk kondisi penyalaan normal/ default
 Sistem operasi  Mengikuti SOP dalam mempersiapkan penya-laan komputer  Menjelaskan langkah-langkah persiapan penyalaan komputer  Mempersiapkan penya-laan komputer
2. Menyalakan komputer dan mengamati proses aktifasi sistem (booting) hingga selesai  Indikator penyalaan seperti lampu dan atau suara muncul secara benar sesuai dengan user manual
 Proses Power-On-Selft-Test (POST) dan proses aktifasi sistem operasi berjalan sesuai dengan user manual
 Muncul tampilan pada layar monitor yang menandakan komputer siap pakai yang merupakan tampilan sistem operasi dengan user manual sistem operasi yang diguna-kan  Sistem operasi
 Perintah-perintah sistem operasi  Cermat dan teliti
 Mengikuti SOP dalam menyalakan komputer  Menjelaskan proses pe-nyalaan komputer  Mengoperasikan penya-laan komputer sampai dapat digunakan
3. Mengoperasikan PC  Menggunakan perintah pengelolaan file dan folder, seperti melihat isi folder, membuat, meng-ubah, menghapus, meng-ganti nama file/ folder, menyalin/ memindahkan folder dan menyalin/ memindahkan file dari suatu folder ke lokasi lain  Sistem operasi
 Perintah-perintah sistem operasi  Cermat dan teliti dalam mengoperasi-kan PC  Mengidentifikasi perintah sistem operasi  Mengoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC
4. Mematikan komputer dan mengamati proses de-aktifasi sistem operasi hingga selesai
 Semua software aplikasi dan tools sudah ditutup atau tidak sedang dalam memproses
 Sudah dipastikan tidak ada data antrian dari dan menuju periferal
 Tampilan yang muncul pada layar monitor merupakan tampilan yang menandakan proses shutting-down secara normal sesuai dengan user manual sistem operasi yang digunakan
 Indikator seperti lampu dan atau suara akan tampak/ terdengar secara benar sesuai dengan user manual  Sistem operasi
 Perintah-perintah sistem operasi  Mengikuti SOP dalam mematikan PC  Menguraikan langkah-langkah mematikan PC  Mematikan PC tanpa error

KOMPETENSI : Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
KODE : HDW.OPR.102.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 8 jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku (di perusahan);
 Instruction manual dari masing-masing peralatan;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Konfigurasi umum perangkat PC dengan periferal input/ output standar untuk sistem operasi berbasis teks (monitor, keyboard)
4. Pengoperasian komputer sesuai dengan Instruction Manual;

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan pra-penyalaan komputer
 Koneksi catu daya sudah ter-sambung
 Perangkat protective seperti UPS dan stabilizer (jika ada) sudah dinyalakan
 Koneksi peralatan input/ output sudah tersambung
 Semua komponen sudah disiapkan untuk kondisi penyalaan normal/ default  Sistem operasi  Mengikuti SOP dalam mempersiapkan penya-laan komputer  Menjelaskan langkah-langkah persiapan penya-laan komputer  Mempersiapkan penya-laan komputer
2. Menyalakan komputer dan mengamati proses aktifasi sistem (booting) hingga selesai  Indikator penyalaan seperti lampu dan atau suara muncul secara benar sesuai dengan user manual
 Proses Power-On-Self-Test (POST) dan proses aktifasi sistem operasi berjalan sesuai dengan user manual
 Muncul tampilan pada layar monitor yang me-nandakan komputer siap pakai, yang merupakan tampilan sistem operasi sesuai dengan user manual sistem operasi yang digunakan  Sistem operasi
 Perintah-perintah sistem operasi  Cermat dan teliti
 Mengikuti SOP dalam menyalakan komputer  Menjelaskan proses penyalaan komputer  Mengoperasikan penya-laan komputer sampai dapat digunakan
3. Mengoperasikan PC  Menggunakan pointing device (seperti mouse) untuk mela-kukan perintah pengelolaan file dan folder, seperti melihat isi folder, membuat, meng-ubah, menghapus, mengganti nama file/ folder, menyalin/ memindahkan folder dan menyalin/ memindahkan file dari suatu folder ke lokasi lain
 Menggunakan pointing device dengan cara “point & click” maupun “click & drag” untuk melakukan operasi pada lingkungan GUI
 Sistem operasi
 Perintah-perintah sistem operasi  Cermat dan teliti dalam mengoperasikan PC  Mengidentifikasi perintah sistem operasi  Mengoperasikan perintah-perintah pada sistem operasi untuk mengelola sumber daya PC
4. Mematikan komputer dan mengamati proses de-aktifasi sistem operasi hingga selesai  Semua software aplikasi dan tools sudah ditutup atau tidak sedang dalam memproses
 Sudah dipastikan tidak ada data antrian dari dan menuju periferal
 Tampilan yang muncul pada layar monitor merupakan tampilan yang menandakan proses shutting-down secara normal sesuai dengan user manual sistem operasi yang digunakan
 Indikator seperti lampu dan atau suara akan tampak/ ter-dengar secara benar sesuai dengan user manual
 Sistem operasi
 Perintah-perintah sistem operasi  Mengikuti SOP dalam mematikan PC  Menguraikan langkah-langkah mematikan PC  Mematikan PC tanpa error

KOMPETENSI : Mengoperasikan sistem operasi
KODE : SWR.OPR.200.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 10 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 Perangkat komputer yang telah siap dioperasikan beserta instruction manual-nya
 Instalation/ User manual sistem operasi yang dioperasikan;
 SOP yang berlaku;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
 HDW.OPR.105.(1).A Mengoperasikan periferal
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 On site training sesuai dengan sistem operasi yang digunakanPengetahuan yang dibutuhkan :

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan sistem operasi
 Sistem operasi telah ter-instalasi dan dapat berjalan normal pada perangkat komputer
 User manual sudah disiapkan dan dipelajari
 Perangkat komputer sudah dinyalakan sesuai dengan user manual
 Log sheet/ report sheet sudah disiapkan  Sistem operasi  Mengikuti SOP dalam mempersiapkan sistem operasi  Menjelaskan langkah-langkah persiapan peng-operasian sistem operasi  Mempersiapkan pema-kaian sistem operasi
2. Mengenali perintah dan menu/icon yang ber-asosiasi dengannya  Perintah-perintah seder-hana dikenali
 Menu/ icon yang bersesuaian dengan perintah-perintah sistem operasi dikenali  Sistem operasi
 Perintah-perintah sistem operasi  Menunjukan perintah-perintah sistem operasi sesuai dengan SOP  Memilih perintah-perintah sistem operasi sesuai dengan kebutuhan  Mengidentifikasi perintah-perintah sistem operasi
3. Mengelola folder dan file  Folder/ file dapat di-create, rename, delete, copy, paste
 Informasi dan atribut tentang folder seperti: nama, ukuran, hak akses dapat ditampilkan
 Atribut suatu folder/file dapat diubah
 Dapat berpindah dari suatu folder ke folder lain
 File/ folder yang berada pada suatu folder dapat ditampilkan daftarnya dengan berbagai parameter  Sistem operasi
 Utilitas folder dan file  Menjelaskan pengelola-an folder dan file  Mendiskusikan tata cara pengelolaan folder dan file
 Menyusun struktur folder dan file yang akan digunakan  Mempersiapkan folder untuk penempatan file yang sesuai
 Mengidentifikasi folder untuk kebutuhan pe-nempatan file yang sesuai
4. Menggunakan fasilitas administrasi sistem dan panel kontrol  Fasilitas administrasi sistem, seperti: manajemen user, manajemen network dapat digunakan
 Aplikasi-aplikasi pada panel kontrol, seperti: setting ODBC, font, service dapat digunakan  Sistem operasi
 Administrasi sistem operasi
 Panel kontrol  Menunjukan fungsi icon panel kontrol
 Mengintegrasikan fasilitas administrasi sistem  Mempraktekkan peng-gunaan fasilitas administrasi sistem
5. Menggunakan aplikasi pengecekan dan pengesetan  Status dan konfigurasi sumber daya yang dikelola dalam sistem operasi dapat dilihat dengan menggunakan aplikasi utilitas
 Status dan konfigurasi sumber daya yang dikelola dalam sistem operasi dapat diset (ubah)  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi  Menyesuaikan pema-kaian utilitas sesuai SOP  Mengubah konfigurasi sumber daya yang di-kelola dalam sistem operasi  Membuktikan penge-cekan dan pengesetan utilitas sistem operas
 Membedakan fungsi aplikasi pengecekan dan pengesetan
6. Mengisi log sheet/ report sheet  Log sheet/ report sheet diisi sesuai dengan SOP yang berlaku  Sistem operasi  Disiplin dalam mengikuti SOP  Mengidentifikasi langkah-langkah penggunaan sistem operasi  Mempraktekkan pengontrolan pelaksanaan langkah kerja
KOMPETENSI : Menginstalasi software
KODE : SWR.OPR.100.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 14 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 Perangkat komputer yang telah siap dioperasikan beserta instruction manual-nya
 Paket instalasi software ;
 Instalation/ User manual software tersebut;
 SOP yang berlaku;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
 HDW.OPR.105.(1).A Mengoperasikan periferal
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian Sistem Operasi sesuai Instruction Manual;
4. On site training sesuai dengan sistem operasi yang digunakan

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan sistem operasi
 Paket instalasi software yang legal sudah disediakan dalam media penyimpanan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya)
 Installation Manual software sudah disediakan dan dipa-hami
 Jenis-jenis software
 Teknis dan metode instalasi software aplikasi
 Pemanfaatan aplikasi dalam peningkatan kinerja sistem
 Pemanfaatan aplikasi dalam teknis perbaikan dan pera-watan PC
 Memilih software secara teliti
 Menjelaskan jenis-jenis software
 Menjelaskan teknis dan metode instalasi aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem
 Mengidentifikasikan jenis-jenis software aplikasi yang diguna-kan dalam peningkat-an kerja dan kinerja sistem (Misal: aplikasi ghost, partition magic, anti virus, office, grafis, multimedia, kompresi dan lain-lain)
 Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan hardware sesuai dengan Installation Manual
 Media paket instalasi software sudah dipasang dan siap diakses.
 Log-sheet/ report-sheet telah disiapkan
2. Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual  Proses instalasi sesuai Installation Manual sudah dilaksanakan
 Seluruh file, icon (jika ada) dan konfigurasi telah ter-copy dan terkonfigurasi
 Pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan Installation Manual  Kondisi sistem operasi yang sesuai untuk tiap-tiap software aplikasi
 Langkah instalasi software aplikasi berbasis text dan GUI
 Pengaturan konfigurasi dan petunjuk operasi tiap-tiap aplikasi  Melaksanakan ke-amanan dan Kesela-matan Kerja (K3) dalam instalasi
 Menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi
 Menjelaskan perbeda-an dan karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi  Memilih aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang ter-instalasi
 Menginstalasi soft-ware aplikasi sesuai kebutuhan
3. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan soft-ware dan melakukan troubleshooting sederhana  Software dijalankan secara sampling tanpa error
 Software ditutup tanpa error
 Troubleshooting dilakukan sesuai Installation Manual  Mengoperasikan software aplikasi
 Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi  Mengikuti prosedur pemeriksaan hasil instalasi
 Menjelaskan langkah-langkah pengoperasi-an software aplikasi, termasuk menjalankan dan menutup software
 Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap trouble-shooting yang terjadi pada software  Mengecek hasil instalasi software

4. Melaporkan hasil instalasi  Laporan dibuat sesuai dengan format dan prosedur yang di-tetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet/ report-sheet)
 Laporan hasil instalasi  Menyatakan siap bila di-evaluasi  Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan  Menyusun laporan instalasi
KOMPETENSI : Mengoperasikan software pengolah kata
KODE : SWR.OPR.401.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 20 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 Software pengolah kata yang sudah terinstalasi;
 User manual software pengolah kata yang digunakan;
 SOP yang berlaku;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
 HDW.OPR.105.(1).A Mengoperasikan periferal
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian Sistem Operasi sesuai Instruction Manual;
 On site training sesuai dengan sistem operasi yang digunakan

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan software pengolah kata
 Software pengolah kata telah terinstalasi dan dapat berjalan normal
 User manual software pengo-lah kata sudah disediakan dan dipahami
 Perangkat komputer sudah di-nyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation Manual dan SOP yang ber-laku.
 Software pengolah kata dijalankan.
 Software pengolah kata  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi soft-ware pengolah kata  Mempersiapkan PC untuk dapat digunakan mengolah kata
2. Mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan dokumen.  Menu-menu yang disediakan beserta shortcutnya dikenali berdasarkan user manual.
 Fitur-fitur pengelolaan file/ dokumen dapat diguna-kan, seperti: buat/create/ new, simpan/ save, buka/ open, simpan dengan nama lain/ save as.
 Penyimpanan file/ dokumen sudah dapat menggunakan versi dan option atribut lain yang tersedia, seperti: subject, person, status, dan lain-lain.
 Penyimpanan file/ dokumen menggunakan berbagai format yang dikenal, seperti: rtf, html, text.  Software pengolah kata
 User manual software pengolah kata (menu help)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi menu-menu software pengolah kata  Mengoperasikan fungsi menu-menu pengolah kata
3. Melakukan editing sederhana, isian berulang.  Fitur-fitur editing sederhana digunakan, seperti: mengetik huruf/ kata/ kalimat, mem-format huruf/font, text alignment, numbering, bullet, page break, penggunaan kolom.
 Fitur-fitur isian berulang pada dokumen dapat digunakan, seperti: header, footer, page numbering.  Software pengolah kata
 User manual software pengolah kata (menu help)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi menu-menu editing software pengolah kata  Mengoperasikan fungsi menu-menu editing pengolah kata
4. Mencetak dokumen  Dokumen dapat dicetak dengan parameter standar, seperti: seluruhnya, halaman tertentu saja, halaman yang sedang diedit, urutan halam-an pencetakan.
 Fitur-fitur pencetakan dapat digunakan, seperti: page setup, printer setup, print preview.  Software pengolah kata
 User manual software pengolah kata (menu help)
 User manual periferal (printer)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi perintah cetak pada soft-ware pengolah kata  Mengoperasikan perintah cetak pada software pengolah kata tanpa ke-salahan
KOMPETENSI : Mengoperasikan software spreadsheet
KODE : SWR.OPR.403.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 15 jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 Software spreadsheet yang sudah terinstalasi;
 User manual software pengolah kata yang digunakan;
 SOP yang berlaku;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
 HDW.OPR.105.(1).A Mengoperasikan periferal
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian Sistem Operasi sesuai Instruction Manual;
 On site training sesuai dengan sistem operasi yang digunakan

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan software spreadsheet
 Software spreadsheet telah terinstalasi dan dapat berjalan normal
 User manual software spread-sheet sudah disediakan dan dipahami
 Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation Manual dan SOP yang berlaku.
 Software spreadsheet di-jalankan.
 Software spreadsheet  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi soft-ware spreadsheet  Mempersiapkan PC untuk dapat mengopera-sikan spread-sheet
2. Mengenali menu, mem-buat, membuka, menyim-pan spreadsheet  Menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan user manual.
 Fitur-fitur pengelolaan file/ spreadsheet dapat diguna-kan, seperti: buat/ create/ new, simpan/save, buka/ open, simpan dengan nama lain/save as.
 Penyimpanan file/ spread-sheet sudah dapat menggu-nakan versi dan option atribut lain yang tersedia, seperti: subject, person, status, dan lain-lain.
 Penyimpanan file/ spread-sheet menggunakan berbagai format yang dikenal, seperti: csv, html, text.  Software spreadsheet
 User manual software spreadsheet (menu help)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi menu-menu software spreadsheet  Mengoperasikan fungsi menu-menu spreadsheet
3. Melakukan editing sederhana, kolom dan baris  Fitur-fitur editing sederhana digunakan, seperti: mengetik huruf/ kata/ kalimat/ angka, memformat huruf/font, text alignment, format data (text, date, number) dan presisi (tanda ribuan dan pecahan).
 Fitur-fitur kolom dan baris dipahami dan diaplikasikan, seperti: menentukan lebar kolom, menentukan tinggi baris, membuat border dan shading.
 Software spreadsheet
 User manual software spreadsheet (menu help)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi menu-menu editing software spreadsheet  Mengoperasikan fungsi menu-menu editing spreadsheet
 Fitur-fitur copy, cut dan paste diaplikasikan dengan berbagai pilihan, seperti: isi (value), format, formula atau semuanya.
 Formula dan fungsi sederhana (yang sering digunakan), seperti: +, -, *, /, sum, avg.
4. Mencetak dokumen  Bagian spreadsheet yang ingin dicetak ditentukan.
 Spreadsheet dapat dicetak dengan menggunakan ber-bagai parameter, seperti: seluruhnya, area tertentu saja, area yang sedang di-edit, urutan pencetakan.
 Fitur-fitur pencetakan dapat digunakan, seperti: page setup, printer setup, header dan footer, print preview.  Software spreadsheet
 User manual software spreadsheet (menu help)
 User manual periferal (printer)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software spreadsheet  Mengoperasikan perintah cetak pada software spreadsheet tanpa kesalahan

KOMPETENSI : Mengoperasikan periferal
KODE : HDW.OPR.105.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 10 jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku;
 Instruction manual dari masing-masing peralatan;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis teks; atau
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Konfigurasi perangkat PC dengan periferal input/output standar untuk sistem operasi berbasis GUI (monitor, keyboard, pointing device);
4. Pengoperasian Sistem Operasi sesuai Instruction Manual;

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan pra penyalaan periferal
 Koneksi catu daya sudah ter-sambung
 Perangkat protective seperti UPS dan stabilizer (jika ada dan atau terpisah dari PC) sudah dinyalakan
 Periferal sudah tersambung dengan PC dan atau perang-kat lain sesuai dengan pe-tunjuk pada user manual
 Semua peralatan sudah di-siapkan untuk kondisi penya-laan normal/ default
 Koneksi catu daya listrik
 Cara menyalakan UPS dan Stabilizer
 Teknik penyambungan/ pe-masangan periferal ke PC
 Teknik pengoperasian peri-feral
 User manual periferal  Mengkoneksikan PC ke catu daya listrik secara hati-hati
 Mentaati prosedur pe-nyalaan UPS dan Stabilizer
 Mematuhi petunjuk user manual dalam menyam-bung/memasang peri-feral ke PC  Menjelaskan fungsi UPS dan Stabilizer
 Mengidentifikasi fungsi periferal yang digunakan
 Menjelaskan teknik penyambungan/pema-sangan periferal ke PC  Mengkoneksi PC ke catu daya listrik secara tepat
 Menyalakan UPS dan Stabilizer sesuai prosedur
 Menyambung/memasang periferal ke PC sesuai prosedur pada user manual

2. Menyalakan dan me-nyiapkan penggunaan periferal  Indikator penyalaan seperti lampu dan atau suara muncul secara benar sesuai dengan user manual
 Tahapan inisialisasi berjalan sampai dengan kondisi yang menandakan siap pakai sesuai dengan user manual periferal yang digunakan
 Penyiapan lokasi objek operasi dari periferal
 Pemilihan paper tray atau lokasi paper feeding pada alat keluaran seperti printer atau plotter
 Identifikasi batas-batas area kerja pada alat masukan seperti scanner, digitizer, artpad
 Pemasangan objek operasi dari periferal
 Pemakaian periferal  Lampu dan atau suara indikator pada periferal
 Tahapan inisialisasi kesiap-pakaian periferal
 Teknik penyiapan lokasi objek operasi dari alat keluaran, alat masukan yang berkaitan dengan periferal
 Mengamati kondisi nyala pada periferal secara teliti
 Mentaati tahapan inisialisasi kesiap-pakaian periferal
 Menepati standar keselamatan dan kese-hatan kerja (K3) dalam penyiapan lokasi objek operasi dari periferal  Mengidentifikasi kondisi nyala pada periferal
 Menjelaskan maksud tahapan inisialisasi kesiap-pakaian periferal
 Menjelaskan alasan teknis dalam penyiap-an lokasi objek operasi periferal  Menyalakan periferal sesuai prosedur
 Menyiapkan lokasi objek operasi dari alat keluaran, alat masukan pendukung periferal
3. Pengoperasian periferal  Periferal sudah diaktifkan me-lalui software tools yang di-gunakan
 Pemilihan opsi, customiza-tion, dan konfigurasi periferal dapat dilakukan sesuai kebu-tuhan pemakaian melalui soft-ware tools yang digunakan
 Periferal dapat dioperasikan sesuai user manual  Teknik mengaktifkan periferal
 Teknik pemilihan opsi, customization, dan konfigurasi periferal  Mencermati proses aktifasi periferal secara teliti
 Memilih opsi, customization dan konfigurasi periferal secara tepat  Menjelaskan fungsi soft-ware tools periferal yang digunakan
 Menjelaskan masing-masing opsi, customization, dan konfigurasi periferal yang di-setting dari software tools  Mengaktifkan periferal melalui software tools secara tepat
 Memilih opsi, customization, dan konfigurasi periferal melalui software tools secara tepat
4. Mematikan periferal, dan mengamati proses de-aktifasi hingga selesai
 Objek sudah diangkat/ dilepas dari periferal yang diperlukan sesuai dengan user manual
 Semua kondisi/ setting peri-feral sudah dikembalikan untuk pematian secara normal/default sesuai dengan user manual
 Tahapan deaktifasi berjalan sampai dengan kondisi yang menandakan periferal yang digunakan sudah dalam kondisi mati
 Indikator seperti lampu dan atau suara akan tampak/ terdengar secara benar sesuai dengan user manual  Teknik pengangkatan/ pele-pasan objek dari periferal
 Teknik pengembalian semua kondisi/ setting periferal
 Tahapan deaktifasi periferal  Mengangkat/melepas objek dari periferal secara hati-hati
 Mencermati proses pengembalian semua kondisi/ setting periferal secara teliti
 Mencermati tahapan deaktifasi periferal secara teliti  Menjelaskan prosedur pengangkatan/pelepasan objek dari periferal
 Menjelaskan proses pengembalian semua kondisi/setting periferal
 Menjelaskan tahapan deaktifasi periferal  Mengangkat/ melepas-kan objek dari periferal sesuai prosedur
 Mengembalikan semua kondisi/ setting periferal sesuai prosedur
 Mendeaktifasi periferal secara bertahap

KOMPETENSI : Mengoperasikan software presentasi
KODE : SWR.OPR.406.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 15 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 Software Presentasi yang sudah terinstalasi;
 User manual software pengolah kata yang digunakan;
 SOP yang berlaku;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
 HDW.OPR.105.(1).A Mengoperasikan periferal
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian Sistem Operasi sesuai Instruction Manual;
 On site training sesuai dengan software yang digunakan

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan software Presentasi
 Software Presentasi telah terinstalasi dan dapat ber-jalan normal
 User manual software Presentasi sudah disediakan dan dipahami
 Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation Manual dan SOP yang ber-laku.
 Software Presentasi dijalankan.
 Software Presentasi  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi software Presentasi  Mempersiapkan PC untuk dapat mengopera-sikan Presentasi
2. Mengenali menu, mem-buat, membuka, menyim-pan file presentasi.  Menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan user manual.
 Fitur-fitur pengelolaan file presentasi dapat digunakan, seperti: buat/ create/ new, simpan/ save, buka/ open, simpan dengan nama lain/ save as, meng-insert presentasi baru, meng-edit dan menghapus.
 Penyimpanan file presen-tasi sudah dapat menggu-nakan versi dan option atribut lain yang tersedia, seperti: subject, person, status, dan lain-lain.
 Penyimpanan file prese-ntasi menggunakan ber-bagai format yang dikenal, seperti: rtf, html, text.  Software Presentasi
 User manual software pengolah kata (menu help)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi menu-menu software Presentasi  Mengoperasikan fungsi menu-menu presentasi
3. Melakukan editing sederhana, lay-out, isian berulang.  Fitur-fitur editing sederhana digunakan, seperti: mengetik huruf/ kata/ kalimat, mem-format huruf/font, text alignment, numbering, bullet, tabel.
 Fitur-fitur lay-out dipahami dan diaplikasikan, seperti: lay-out judul dan isi dengan ber-bagai variasi yang tersedia terhadap setiap slide, pemilih-an disain warna dan gambar latar belakang yang telah di-sediakan.
 Software Presentasi
 User manual software Presentasi (menu help)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi menu-menu editing software Presentasi  Mengoperasikan fungsi menu-menu editing Presentasi
 Fitur-fitur isian berulang di-ahami dan diaplikasikan, seperti: header, footer, page numbering.
 Lay-out dan isian standar yang berulang dibuat dan diubah melalui master slide.
4. Mencetak file presentasi  File presentasi dapat dicetak sebagai slide dengan berbagai ukuran serta parameter pencetakan seperti: seluruhnya, halaman tertentu saja, halaman yang sedang diedit, urutan pencetakan.
 File presentasi dapat di-cetak sebagai hand-out dengan berbagai ukuran serta parameter pencetak-an.
 Fitur-fitur dasar pencetak-an dapat digunakan, seperti: page setup, printer setup, print preview.
 Software Presentasi
 User manual software Presentasi (menu help)
 User manual periferal (printer)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software Presentasi  Mengoperasikan perintah cetak pada software Presentasi tanpa kesa-lahan
5. Melakukan Presentasi  File presentasi dapat dijalan-kan (slide show)
 Navigasi dapat dilakukan dari satu slide ke slide lain.  Software Presentasi
 User manual software Presentasi (menu help)
 User manual periferal (LCD Projector)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan cara me-nampilkan slide presen-tasi  Mengoperasikan periferal (LCD Projector, VGA Card) untuk menampil-kan slide presentasi tanpa kesalahan

KOMPETENSI : Mengoperasikan software aplikasi basis data
KODE : SWR.OPR.301.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 20 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 Perangkat komputer yang telah siap dioperasikan beserta instruction manual-nya
 Software aplikasi sudah terinstalasi sesuai instalation manual;
 User manual software tersebut;
 SOP yang berlaku;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
 HDW.OPR.105.(1).A Mengoperasikan periferal
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian Sistem Operasi sesuai Instruction Manual;
 Pengetahuan tentang domain permasalahan dari software aplikasi;
 On site training sesuai dengan sistem operasi yang digunakan

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan software aplikasi  Software aplikasi telah ter-instalasi dan dapat berjalan normal
 User manual software aplikasi sudah disediakan dan dipa-hami
 Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratannya sesuai dengan Installation Manual
 Software aplikasi basis data
 User manual software basis data  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi software aplikasi basis data  Mempersiapkan PC untuk dapat meng-operasikan software aplikasi basis data
 Log-sheet/ report-sheet telah disiapkan

2. Menjalankan software aplikasi
 Semua fitur software aplikasi dijalankan sesuai dengan kewenangan dalam SOP dan user manual.
 Software aplikasi ditutup tanpa error  Software aplikasi basis data
 User manual software aplikasi basis data (menu help)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi menu-menu software aplikasi basis data  Mengoperasikan fungsi dan operator pada soft-ware aplikasi basis data
3. Mengisi log-sheet/ report-sheet  Log-sheet/ report-sheet diisi sesuai dengan SOP yang ber-laku.  Software basis data  Disiplin dalam meng-ikuti SOP  Mengidentifikasikan langkah-langkah peng-operasian software basis data  Mempraktekkan pengontrolan pelaksana-an langkah kerja

KOMPETENSI : Melakukan entry data aplikasi dengan menggunakan keyboard
KODE : DTA.OPR.101.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 8 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku;
 Instruction Manual peralatan keyboard
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 SWR.OPR.200.(1).A Mengoperasikan sistem operasi
 SWR.OPR.300.(1).A Mengoperasikan software aplikasi spesifik
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian aplikasi sesuai dengan Instruction Manual;

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Memahami prosedur pengoperasian pemasukan data dengan mengguna-kan aplikasi dan keyboard  Prosedur pengoperasian aplikasi untuk pemasukan data dapat dijelaskan sesuai dengan standar operasi aplikasi
 Prosedur pengoperasian key-board dapat dijelaskan sesuai dengan standar operasi key-board  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat, teliti dan disiplin dalam menggu-nakan keyboard sesuai SOP  Menunjukkan fungsi penggunaan utilitas pe-masukan data soft-ware aplikasi basis data
 Menjelaskan fungsi tombol-tombol pada keyboard  Menggunakan key-board
 Menggunakan key-board untuk melaksanakan fungsi dan operator soft-ware aplikasi basis data
2. Mempersiapkan aplikasi, data dan keyboard
 Perlengkapan kerja diidentifi-kasi sesuai dengan kebutuhan entry data
 Aplikasi beroperasi sesuai dengan standar operasi aplikasi
 Keyboard beroperasi sesuai dengan standar operasi keyboard
 Data tersedia  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat, teliti dan disiplin dalam menggu-nakan keyboard sesuai SOP  Menjelaskan fungsi tombol-tombol pada keyboard  Menggunakan key-board sesuai standar operasi keyboard
 Menggunakan key-board untuk melaksa-nakan fungsi dan operator software aplikasi basis data
 Memeriksa dan mem-persiapkan keyboar untuk dapat digunakan sesuai standar operasi keyboard
3. Mengetik dengan key-board untuk memasukkan data ke dalam aplikasi  Data yang diketik tampil dilayar dan sesuai dengan data sumber  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat, teliti dan disiplin dalam meng-gunakan keyboard sesuai SOP
 Mematuhi user manual software aplikasi basis data  Menjelaskan fungsi tombol-tombol pada keyboard  Menggunakan key-board untuk memasukkan data sesuai standar operasi key-board
 Menggunakan sepuluh jari untuk mengetik pada keyboard sesuai standar operasi key-board
4. Mengecek hasil entry data
 Data diterima oleh aplikasi secara benar sesuai dengan rencana kerja dan prosedur/ instruksi kerja perusahaan  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat dan teliti
 Mematuhi petunjuk user manual mengoperasikan PC
 Mematuhi petunjuk user manual software aplikasi basis data  Menjelaskan langkah pengecekan pemasuk-an data menggunakan keyboard
 Mengidentifikasi ke-berhasilan pemasukan data  Memeriksa hasil pema-sukan data mengguna-kan keyboard sesuai prosedur/ instruksi kerja
 Memilah hasil pemasuk-an data menggunakan keyboard sesuai prosedur/ instruksi kerja
5. Mencetak dan melaporkan hasil entry data  Hasil entry data di cetak
 Hasil cetak data entry disampaikan kepada yang berhak sesuai dengan prosedur/ rencana kerja perusahaan  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Mengidentifikasi langkah operasi dan keberhasilan proses pemasukan data menggunakan keyboard  Menyusun laporan proses pemasukan data menggunakan keyboard
6. Mengisi check list entry data  Check list terisi sesuai dengan entry data yang dilakukan  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat, teliti dan disiplin dalam mengikuti langkah-langkah update data sesuai SOP  Mengidentifikasi langkah operasi dan keberhasilan proses pemasukan data menggunakan keyboard  Mengisi form check list proses pemasukan data menggunakan keyboard sesuai prosedur
KOMPETENSI : Melakukan update data dengan menggunakan utilitas aplikasi
KODE : DTA.OPR.110.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 10 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku;
 Instruction Manual Aplikasi
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 SWR.OPR.200.(1).A Mengoperasikan sistem operasi
 SWR.OPR.300.(1).A Mengoperasikan software aplikasi spesifik
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian aplikasi sesuai dengan Instruction Manual;

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan aplikasi dan data yang akan di-update
 Perlengkapan kerja diidentifi-kasi sesuai dengan kebutuhan
 Aplikasi beroperasi sesuai dengan standar operasi aplikasi
 Data yang akan di-update tersedia
 Spesifikasi perubahan data tersedia  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat dan teliti
 Mematuhi petunjuk user manual meng-operasikan PC  Mengidentifikasi langkah-langkah update data yang akan dilakukan  Memeriksa kesiapan software basis data
 Mempersiapkan data ter-baru yang akan diguna-kan untuk pembaruan data
2. Melakukan Update Data  Data ter-update sesuai dengan rencana kerja dan prosedur/instruksi kerja peru-sahaan  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat dan teliti
 Mematuhi petunjuk user manual mengoperasi-kan PC
 Mematuhi petunjuk user manual software aplikasi basis data  Mengidentifikasi langkah-langkah update data yang akan dilakukan
 Menjelaskan langkah pembaruan data  Melakukan update data sesuai prosedur/ instruksi kerja

3. Mengecek Update Data  Data yang di-update sudah berubah sesuai dengan peru-bahan yang dilakukan
 Data yang tidak ter-update dicatat  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat dan teliti
 Mematuhi petunjuk user manual mengopera-sikan PC
 Mematuhi petunjuk user manual software aplikasi basis data  Menjelaskan langkah pengecekan pembaruan data
 Mengidentifikasi keber-hasilan update data  Memeriksa hasil update data sesuai prosedur/ instruksi kerja
 Memilah hasil update data sesuai prosedur/ instruksi kerja
4. Melaporkan data yang tidak ter-update  Laporan disampaikan kepada yang berkewajiban untuk menindaklanjuti data yang tidak ter-update sesuai dengan rencana/ instruksi kerja perusahaan  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Mengidentifikasi langkah operasi dan keberhasilan proses update data  Menyusun laporan proses update data
5. Mengisi check list update data  Check list terisi sesuai dengan update data yang dilakukan
 Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat, teliti dan disiplin dalam mengikuti langkah-langkah update data sesuai SOP  Mengidentifikasi langkah operasi dan keberhasilan proses update data  Mengisi form check list proses update data sesuai prosedur

KOMPETENSI : Melakukan delete data dengan menggunakan utilitas aplikasi
KODE : DTA.OPR.109.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 8 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku;
 Instruction Manual Aplikasi;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 SWR.OPR.200.(1).A Mengoperasikan sistem operasi
 SWR.OPR.300.(1).A Mengoperasikan software aplikasi spesifik
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian aplikasi sesuai dengan Instruction Manual;

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan aplikasi dan spesifikasi data yang akan dihapus
 Perlengkapan kerja diiden-tifikasi sesuai dengan ke-butuhan
 Aplikasi beroperasi sesuai dengan standar operasi aplikasi
 Spesifikasi data yang akan dihapus tersedia  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat dan teliti
 Mematuhi petunjuk user manual mengopera-sikan PC  Mengidentifikasi langkah-langkah delete data yang akan dilakukan
 Menjelaskan alasan dilakukannya delete data  Memeriksa kesiapan software basis data
 Mempersiapkan data yang akan dihapus
2. Menghapus Data/ Delete Data  Data terhapus sesuai dengan rencana kerja dan prosedur/ instruksi kerja perusahaan  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat dan teliti
 Mematuhi petunjuk user manual meng-operasikan PC
 Mematuhi petunjuk user manual software aplikasi basis data  Mengidentifikasi langkah-langkah delete data yang akan dilakukan
 Menjelaskan langkah delete data  Melakukan delete data sesuai prosedur/ instruksi kerja

3. Mengecek delete Data  Data yang dihapus tidak muncul pada layar aplikasi
 Data yang tidak bisa dihapus dicatat  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat dan teliti
 Mematuhi petunjuk user manual mengopera-sikan PC
 Mematuhi petunjuk user manual software aplikasi basis data  Menjelaskan langkah pengecekan hasil delete data
 Mengidentifikasi keberhasilan delete data  Memeriksa hasil delete data sesuai prosedur/ instruksi kerja
 Memilah hasil delete data sesuai prosedur/ instruksi kerja

4. Melaporkan data yang tidak terhapus  Laporan disampaikan kepada yang berkewajiban untuk menindaklanjuti data yang tidak terhapus sesuai dengan rencana/ instruksi kerja perusahaan  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Mengidentifikasi langkah operasi dan keberhasilan proses delete data  Menyusun laporan proses delete data
5. Mengisi check list delete data
 Check list terisi sesuai dengan delete data yang dilakukan
 Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data  Cermat, teliti dan disiplin dalam meng-ikuti langkah-langkah update data sesuai SOP  Mengidentifikasi langkah operasi dan keberhasilan proses delete data  Mengisi form check list proses delete data sesuai prosedur

KOMPETENSI : Memindahkan isi sebuah file menjadi data aplikasi dengan menggunakan utilitas aplikasi
KODE : DTA.OPR.108.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 10 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku;
 Instruction Manual Aplikasi;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 SWR.OPR.200.(1).A Mengoperasikan sistem operasi
 SWR.OPR.300.(1).A Mengoperasikan software aplikasi spesifik
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian aplikasi sesuai dengan Instruction Manual;

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Memahami prosedur pengoperasian aplikasi
 Prosedur pengoperasian aplikasi dapat dijelaskan sesuai dengan standar peng-operasian aplikasi  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat, teliti dan disiplin sesuai SOP  Menunjukkan fungsi penggunaan utilitas software aplikasi basis data  Menggunakan fungsi dan operator software aplikasi basis data
2. Mempersiapkan aplikasi dan data masukan  Perlengkapan kerja diidentifi-kasi sesuai dengan kebutuhan entry data
 Aplikasi beroperasi sesuai dengan standar operasi aplikasi
 Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat, teliti dan disiplin sesuai SOP  Mengidentifikasi langkah-langkah persiapan data yang akan dipindahkan  Memeriksa kesiapan software basis data
 Mempersiapkan data yang akan dipindahkan
 Data tersedia dan diambil dari tempat yang sudah ditentu-kan sesuai dengan rencana kerja dan prosedur/ instruksi kerja perusahaan. Contoh : di folder tertentu, di media disket, di media CD, dan lain sebagainya
3. Menggunakan aplikasi untuk memasukkan data  Proses memasukan data dilakukan sesuai dengan standar operasi aplikasi  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat, teliti dan disiplin mengikuti langkah pemindahan sesuai SOP  Mengidentifikasi langkah-langkah peng-gunaan utilitas soft-ware aplikasi basis data guna pemin-dahan/pemasukan data  Melakukan pemindah-an/ pemasukan data sesuai prosedur/ instruksi kerja

4. Mengecek hasil entry data  Data diterima jika sesuai dengan rencana kerja dan prosedur/instruksi kerja perusahaan  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat dan teliti
 Mematuhi petunjuk user manual mengoperasi-kan PC
 Mematuhi petunjuk user manual software aplikasi basis data  Menjelaskan langkah pengecekan pemindah-an/pemasukan data
 Mengidentifikasi keber-hasilan pemindahan/ pemasukan data  Memeriksa hasil pemin-dahan/pemasukan data sesuai prosedur/instruksi kerja
 Memilah hasil pemindah-an/ pemasukan data sesuai prosedur/ instruksi kerja

5. Mengisi check list entry data  Check list terisi sesuai dengan entry data yang dilakukan  Sistem operasi
 Utilitas sistem operasi
 Software aplikasi basis data
 Format data  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Mengidentifikasi langkah operasi dan keberhasilan proses pemindahan/ pe-masukan data  Menyusun laporan proses pemindahan/ pe-masukan data
KOMPETENSI : Melakukan entry data dengan menggunakan image scanner
KODE : DTA.OPR.102.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 8 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku;
 Instruction Manual dari masing-masing peralatan Image Scanner;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 SWR.OPR.200.(1).A Mengoperasikan sistem operasi
 SWR.OPR.300.(1).A Mengoperasikan software aplikasi spesifik
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian Aplikasi Image Scanner sesuai dengan Instruction Manual;
 Pengoperasian Image Scanner sesuai dengan Instruction Manual

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Memahami prosedur pengoperasian image scanner  Prosedur pengoperasian image scanner dapat dijelas-kan sesuai dengan standar operasi image scanner  Prosedur pengoperasian image scanner  Mentaati prosedur pengoperasian image scanner  Menjelaskan standar operasi image scanner  Mengoperasikan image scanner sesuai prosedur
2. Mempersiapkan aplikasi image scanner, image scanner, dan gambar yang akan di-scan  Perlengkapan kerja diidentifi-kasi sesuai dengan kebutuhan entry data
 Aplikasi beroperasi sesuai dengan standar operasi aplikasi
 Perlengkapan kerja entry data dengan image scanner
 Standar operasi aplikasi
 Pengoperasian image scanner
 Gambar (objek) yang di-scan  Menyiapkan perleng-kapan entry data dengan image scanner dengan rapi
 Mentaati standar operasi aplikasi
 Mengidentifikasi aplikasi image scanner
 Menjelaskan tahapan pengoperasian image scanner
 Mengidentifikasi gambar (objek) yang akan di-scan  Mengoperasikan aplikasi image scanner untuk entry data
 Mengoperasikan image scanner sesuai standar operasi

 Image scanner beroperasi sesuai dengan standar operasi image scanner
 Gambar yang akan di-scan tersedia  Mengamati pengoperasian image scanner secara teliti  Menempatkan gambar (objek) yang akan di-scan di image scanner dengan tepat
3. Melakukan scanning objek yang menjadi masukan aplikasi  Proses scanning objek dilaku-kan sesuai dengan standar operasi image scanner
 Objek tampil di layar aplikasi image scanner. Contoh image muncul pada aplikasi pengo-lah image  Teknik scanning objek
 Aplikasi pengolah image (misal: Adobe PhotoShop)  Mengamati proses scanning objek secara teliti
 Mencermati tampilan objek yang di-scan pada aplikasi pengolah image  Mengidentifikasi aplikasi image scanner
 Menjelaskan tahapan pengoperasian image scanner
 Mengidentifikasi gambar (objek) yang akan di-scan  Mengoperasikan aplikasi image scanner untuk entry data dengan program pengolah image
 Mengoperasikan image scanner sesuai standar operasi
 Menempatkan gambar (objek) yang akan di-scan di image scanner dengan tepat
4. Memanipulasi gambar  Gambar diperbesar, diper-kecil, di-cropping, dimanipula-si sehingga sesuai dengan prosedur/rencana kerja.  Aplikasi pengolah image (misal: Adobe PhotoShop)  Mencermati tampilan objek yang dimanipulasi pada aplikasi pengolah image  Mengidentifikasi peng-gunaan menu aplikasi pengolah image untuk memanipulasi image
 Menjelaskan tahapan pengoperasian aplikasi pengolah image untuk memanipulasi image  Mengoperasikan aplikasi pengolah image untuk memani-pulasi gambar/ image
5. Mengecek hasil entry data  Objek/image yang dihasilkan sesuai dengan rencana kerja  Pengecekan hasil (scan) entry data  Mengamati hasil (scan) entry data secara teliti  Mengidentifikasi kualitas hasil (scan) entry data  Mengecek hasil (scan) entry data di tampilan komputer
6. Menyimpan hasil entry data  Objek/ image disimpan dengan format yang di-tentukan sesuai dengan rencana kerja dan prosedur/instruksi kerja perusahaan. Contoh format jpeg, bmp, psd, dan lain sebagainya  Teknik penyimpanan hasil (scan) entry data  Mentaati rencana kerja dan prosedur/ instruksi penyimpan-an hasil (scan) data entry  Menjelaskan rencana kerja dan prosedur/ instruksi penyimpanan hasil (scan) entry data  Menyimpan hasil (scan) entry data grafis sesuai rencana kerja dan prosedur/ instruksi kerja per-usahaan
 Menyimpan hasil (scan) entry data ke dalam format: jpeg, bmp, psd, dan sebagainya.
7. Mengisi check list entry data  Check list terisi sesuai dengan entry data yang dilakukan  Check list entry data  Melengkapi check-list entry data dengan cermat dan jujur  Mengidentifikasi detail entry data yang di-cek  Mengisi check-list entry data sesuai kondisi data yang dihasilkan

KOMPETENSI : Melakukan entry data dengan menggunakan Optical Character Recognition (OCR)
KODE : DTA.OPR.103.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 8 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku;
 Instruction Manual dari masing-masing peralatan Optical Character Recognition (OCR);
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 SWR.OPR.200.(1).A Mengoperasikan sistem operasi
 SWR.OPR.300.(1).A Mengoperasikan software aplikasi spesifik
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian Aplikasi Optical Character Recognition sesuai dengan Instruction Manual;
 Pengoperasian Image Scanner sesuai dengan Instruction Manual

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Memahami prosedur pengoperasian aplikasi Optical Character Recognition  Prosedur pengoperasian aplikasi OCR dapat dijelaskan sesuai dengan standar operasi aplikasi OCR  Prosedur pengoperasian image scanner
 User manual aplikasi Optical Character Recognition  Mentaati prosedur pengoperasian image scanner  Menjelaskan standar operasi image scanner
 Menjelaskan fungsi aplikasi Optical Character Recognition  Mengoperasikan image scanner sesuai prosedur
 Menyiapkan PC untuk menjalankan aplikasi Optical Character Recognition
2. Mempersiapkan aplikasi Optical Character Recognition dan data yang akan diproses
 Perlengkapan kerja diiden-tifikasi sesuai dengan kebu-tuhan entry data
 Aplikasi OCR beroperasi sesuai dengan standar operasi aplikasi OCR
 Data yang akan diproses tersedia  Perlengkapan kerja entry data dengan image scanner
 Standar operasi aplikasi pengolah OCR (misal: Omni Page Pro)
 Pengoperasian image scanner
 Gambar/ karakter/ teks (objek) yang di-scan  Menyiapkan perleng-kapan entry data dengan image scanner dengan rapi
 Mentaati standar operasi aplikasi
 Mengamati pengope-rasian image scanner secara teliti  Mengidentifikasi aplikasi image scanner
 Menjelaskan tahapan pengoperasian image scanner
 Mengidentifikasi gambar (objek) yang akan di-scan  Mengoperasikan aplikasi image scanner untuk entry data
 Mengoperasikan image scanner sesuai standar operasi
 Menempatkan gambar / karakter/ teks (objek) yang akan di-scan di image scanner dengan tepat
3. Melakukan pengenalan karakter sesuai dengan standar operasi aplikasi OCR  Pengenalan karakter dilaku-kan sesuai dengan standar operasi aplikasi OCR
 Karakter yang dikenali sesuai dengan rencana kerja/ instruksi kerja perusahaan  Perlengkapan kerja entry data dengan image scanner
 Standar operasi aplikasi pengolah OCR (misal: Omni Page Pro)
 Pengoperasian image scanner
 Gambar/ karakter/ teks (objek) yang di-scan  Mengamati proses scanning objek secara teliti
 Mencermati tampilan objek yang di-scan pada aplikasi pengolah image  Mengidentifikasi aplikasi image scanner
 Menjelaskan tahapan pengoperasian image scanner
 Mengidentifikasi langkah-langkah pengenalan karakter sesuai aplikasi peng-olah OCR yang digunakan  Mengoperasikan aplikasi pengolah OCR untuk entry data
 Mengoperasikan aplikasi pengolah OCR sesuai standar operasi

4. Mengecek hasil entry data
 Karakter yang tidak sesuai diedit sedemikian rupa se-hingga sesuai dengan rencana kerja/instruksi kerja perusaha-an
 Pada akhir proses, karakter yang dihasilkan sesuai dengan rencana kerja/instruksi kerja perusahaan
 Pengecekan hasil (scan) entry data karakter
 Standar operasi aplikasi pengolah OCR (misal: Omni Page Pro)
 Mengamati hasil penge-nalan karakter secara teliti  Mengidentifikasi kualitas hasil pengenalan karakter entry data karakter OCR  Mengecek hasil (scan) entry data karakter OCR di tampilan layar monitor komputer
5. Menyimpan hasil entry data  Hasil data entry disimpan sesuai dengan rencana kerja dan prosedur/ instruksi kerja perusahaan  Teknik penyimpanan hasil (scan) entry data  Mentaati rencana kerja dan prosedur/ instruksi penyimpanan hasil data karakter OCR  Menjelaskan rencana kerja dan prosedur/ instruksi penyimpanan hasil (scan) entry data karakter OCR  Menyimpan hasil (scan) entry data sesuai rencana kerja dan prosedur/instruksi kerja perusa-haan
 Menyimpan hasil (scan) entry data karakter OCR ke dalam format: teks
6. Mengisi check list entry data  Check list terisi sesuai dengan entry data yang dilakukan  Check list entry data karakter OCR  Melengkapi check-list entry data dengan cermat dan jujur  Mengidentifikasi detail entry data karakter OCR yang di-check  Mengisi check-list entry data sesuai kondisi data karakter OCR yang dihasilkan

KOMPETENSI : Mengoperasikan PC yang tersambung jaringan PC dengan sistem operasi berbasis GUI
KODE : HDW.OPR.104.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 10 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 SOP yang berlaku;
 Instruction manual dari masing-masing peralatan;
 Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Konfigurasi umum perangkat PC dengan periferal input/output standar untuk sistem operasi berbasis GUI (monitor, keyboard, pointing device);
 Pengoperasian Sistem Operasi sesuai Instruction Manual;
 Pengoperasian PC yang tersambung jaringan, dan resources-sharing yang bisa digunakan (file, folder, dan periferal)

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Menyiapkan pengoperasi-an PC  PC sudah disiapkan dan di-hidupkan sesuai dengan Sub Kompetensi 1) dan 2) dari Unit Kompetensi HDW.OPR.102.(1).A
 Mengoperasikan PC sesuai dengan Sub Kompetensi 3) dari Unit Kompetensi HDW.OPR.102.(1).A  Sistem operasi jaringan berbasis GUI  Mengikuti SOP dalam persiapan pengope-rasian PC  Menguraikan langkah-langkah persiapan peng-operasian PC pada jaringan berbasis GUI  Menyusun langkah-langkah persiapan peng-operasian PC pada jaringan berbasis GUI
 Memilih peralatan bantu pengoperasian PC pada jaringan berbasis GUI
2. Mengoperasikan PC yang tersambung jaringan  Mengecek ketersambungan PC yang dipakai pada jaringan yang ada (misalnya perintah “ping”)
 Menggunakan fungsi penggu-naan sumber daya bersama (resources-sharing) menggu-nakan PC yang tersambung jaringan, seperti shared-folder, shared- floppy-drive, shared-CDdrive, dan shared-printer menggunakan fasilitas pada lingkungan GUI  Sistem operasi jaringan berbasis GUI  Cermat dan teliti
 Mengoperasikan PC yang tersambung jaringan sesuai dengan SOP  Menunjukkan cara pengecekan ketersam-bungan PC pada jaringan
 Menjelaskan fungsi peng-gunaan sumber daya ber-sama (resource sharing) dalam jaringan  Mengoperasikan penggu-naan sumber daya ber-sama (resource sharing) jaringan PC
 Menguji ketersambungan PC ke jaringan
3. Memutuskan koneksi saat proses pematian (power-off) PC
 Pemutusan koneksi layanan jaringan sebelum PC shutting-down (contoh: ada user yang sedang mengakses shared-folder PC yang akan dimati-kan) sesuai dengan SOP atau Instruction Manual  Sistem operasi jaringan ber-basis GUI  Menyadari penggunaan akses bersama pada jaringan PC
 Mengoperasikan PC yang tersambung jaringan sesuai dengan SOP  Mengetahui alur komuni-kasi dalam suatu sistem jaringan PC  Memeriksa pengguna lain di jaringan yang sedang mengakses sumber daya bersama pada PC-nya
 Memberitahu pengguna lain di jaringan yang sedang mengakses sumber daya bersama pada PC-nya bahwa koneksinya akan diputus menggunakan utilitas pengiriman pesan

KOMPETENSI : Mengoperasikan web browser
KODE : SWR.OPR.411.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 10 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 Web Browser sudah terinstalasi;
 User manual software pengolah kata yang digunakan;
 Server web tersedia dan dapat diakses;
 SOP yang berlaku;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
 HDW.OPR.105.(1).A Mengoperasikan periferal
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian Sistem Operasi sesuai Instruction Manual;
 Pengetahuan popular tentang internet;
 Pengetahuan tentang site-site yang dapat diakses;
 On site training sesuai dengan sistem operasi yang digunakan

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan web browser  Web browser telah terinstalasi dan dapat berjalan normal
 User manual web browser sudah disediakan dan di-pahami
 Sistem operasi berbasis jaringan
 Software aplikasi web browser (misal: Internet Explorer, Netscape, Opera dsb.)  Menyadari penggunaan akses bersama pada jaringan PC
 Mengoperasikan PC yang tersambung jaringan sesuai dengan SOP  Mengidentifikasi syarat pengoperasian soft-ware web browser  Menginstalasi soft-ware web browser

 Perangkat komputer sudah di-nyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation Manual dan SOP yang ber-laku.
 Web browser dijalankan.
2. Mengenali menu, meng-akses URL, menyimpan file  Menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan user manual.
 Format URL (Uniform Resouce Locator) di-pahami.
 Akses ke URL tertentu dapat dilakukan melalui isian dan menu yang tersedia, serta penelurusan melalui hyperlink.
 Fitur-fitur konfigurasi sederhana dipahami dan diaplikasikan, seperti: proxy dan cookies.
 File-file hasil browsing dapat disimpan pada media yang tersedia.
 Link tertentu dapat disimpan pada media yang tersedia (download).  Sistem operasi berbasis jaringan
 Software aplikasi web browser (misal: Internet Explorer, Netscape, Opera dsb.)  Mengoperasikan PC yang tersambung jaringan se-suai dengan SOP
 Mengidentifikasi menu pada aplikasi software web browser
 Mengidentifikasi format URL  Mengoperasikan soft-ware web browser untuk mengakses URL
 Menyimpan file informasi dari URL dengan meng-gunakan software web browser
 Mengatur konfigurasi web browser seperti: proxy dan cookies
 Menyimpan alamat URL tertentu ke menu favorit web browser

3. Mengenali objek dasar dan fitur pencarian informasi pada dokumen web  Objek-objek dasar dikenali, seperti: text, button, image, radio button, check box, text area.
 Pencari informasi tertentu (text tertentu) pada dokumen web dapat di-akukan dengan menggu-nakan fasilitas yang sudah tersedia. (mis: menu search/ find).  Sistem operasi berbasis jaringan
 Software aplikasi web browser (misal: Internet Explorer, Netscape, Opera dsb.)  Mengenali langkah pencarian informasi  Menjelaskan fungsi objek dasar pada dokumen web
 Mengidentifikasi langkah-langkah penggunaan fitur pencarian informasi pada web browser  Menggunakan objek dasar untuk mendapat-kan informasi dari URL
 Mencari informasi pada web browser mengguna-kan mesin pencarian (seach engine)
4. Mencetak file hasil browsing
 File dokumen hasil browsing dapat dicetak dengan ber-bagai ukuran serta parameter pencetak-an seperti: seluruh-nya, halaman tertentu saja, halaman yang sedang di-baca, urutan pencetakan.
 Fitur-fitur dasar pencetakan dapat digunakan, seperti: page setup, printer setup, print preview.  Sistem operasi berbasis jaringan
 Software aplikasi web browser (misal: Internet Explorer, Netscape, Opera dsb.)
 User manual peralatan cetak (printer)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software web browser  Mengoperasikan perintah cetak pada web browser tanpa kesalahan

KOMPETENSI : Mengoperasikan software email client
KODE : SWR.OPR.412.(1).A
DURASI PEMELAJARAN : 10 Jam @ 45 menit

KONDISI KINERJA 1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
 Software Email client sudah terinstalasi;
 User manual software pengolah kata yang digunakan;
 Server mail tersedia dan dapat diakses;
 Account sudah terdaftar di server mail;
 SOP yang berlaku;
 Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
 HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI
 HDW.OPR.105.(1).A Mengoperasikan periferal
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
 Pengoperasian komputer;
 Pengoperasian Sistem Operasi sesuai Instruction Manual;
 Pengetahuan popular tentang internet;
 Pengetahuan tentang kode etik penulisan Email;
 On site training sesuai dengan software yang digunakan

SUB KOMPETENSI
KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR MATERI POKOK PEMELAJARAN
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mempersiapkan software Email Client  Software Email Client telah terinstalasi dan dapat ber-jalan normal
 User manual software Email Client sudah disediakan dan dipahami

 Sistem operasi berbasis jaringan
 Software aplikasi Email Client (misal: Oulook Express, Eudora, dsb. untuk yang berbasis web : Internet Explorer, Netscape, Opera, dan sebagainya)
 User manual software (menu help)
 Menyadari penggu-naan akses bersama pada jaringan PC
 Mengoperasikan PC yang tersambung jaringan sesuai dengan SOP  Mengidentifikasi syarat pengoperasian soft-ware Email Client  Menginstalasi soft-ware Email Client
 Mendapatkan dan me-miliki account Email

 Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation Manual dan SOP yang ber-laku.
 Account Email telah di-miliki.
 Software Email Client di-jalankan.
2. Mengenali menu, format alamat Email dan konfirugasi sederhana  Menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya dikenali berdasarkan user manual.
 Format alamat Email dikenali dan dipahami
 Konfigurasi sederhana dapat dilakukan, seperti: SMTP server, POP server, IMAP server (jika menggunakan IMAP), account Email, default user dan password.  Sistem operasi berbasis jaringan
 Software aplikasi Email Client (misal: Oulook Express, Eudora, dsb. untuk yang berbasis web : Internet Explorer, Netscape, Opera, dsb.)
 User manual software (menu help)  Menyadari penggunaan akses bersama pada jaringan PC
 Mengoperasikan PC yang tersambung jaringan sesuai dengan SOP  Mengidentifikasi menu-menu pengoperasian software Email Client
 Menjelaskan format alamat Email  Mengoperasikan software Email Client untuk kirim terima Email
 Mengatur konfigurasi software Email Client sesuai prosedur seperti: SMTP server, POP server, IMAP server (jika menggunakan IMAP), account Email, default user dan password
3. Mengambil, membaca, membuat dan mengirim Email  Email baru dapat diambil dari server menggunakan menu/ tombol yang tersedia.
 Email dapat dikenali asal dan dapat dibaca isinya.
 Sistem operasi berbasis jaringan
 Menyadari penggunaan akses bersama pada jaringan PC
 Mengoperasikan PC yang tersambung jaringan sesuai dengan SOP  Mengidentifikasi menu-menu pengoperasian software Email Client
 Menjelaskan format alamat Email  Mengoperasikan soft-ware Email Client untuk mengambil, membaca, membuat dan mengirim Email

 File attachment (jika ada) dapat diekstrak dari Email.
 Email dapat di forward/ reply ke alamat tertentu.
 Email baru dapat dibuat/ dikomposisi dan dikirim dengan menggunakan fitur yang disediakan.
 Pengiriman Email dapat dila-kukan ke suatu alamat atau beberapa dan dapat disertai dengan file attachment.  Software aplikasi Email Client (misal: Oulook Express, Eudora, dsb. untuk yang ber-basis web: Internet Explorer, Netscape, Opera, dsb.)
 User manual software (menu help)  Mengatur konfigurasi software Email Client sesuai prosedur
 Mengirim Email dengan sisipan file ke satu atau beberapa alamat Email tujuan
 Menjawab dan menerus-kan Email ke alamat Email tujuan
 Membaca header Email untuk menelusuri perja-lanan Email dari pengi-rim sampai diterima
4. Mencetak dan menyimpan Email.  Email dapat dicetak ke printer
 Fitur-fitur dasar pencetak-an dapat digunakan, seperti: page setup, printer setup, print preview.
 Email dapat disimpan ke media yang tersedia.  Sistem operasi berbasis jaringan
 Software aplikasi Email Client (misal: Oulook Express, Eudora, dsb. untuk yang berbasis web: Internet Explorer, Netscape, Opera, dsb.)
 User manual software (menu help)
 User manual peralatan cetak (printer)  Cermat dan teliti dalam mengikuti langkah-langkah sesuai SOP  Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software web browser dan Email Client  Mengoperasikan perintah cetak pada web browser dan Email Client tanpa kesalahan
 Menyimpan dan meng-organisasi folder Email Client
 Mengkonversikan dan menyimpan format Email menjadi dokumen teks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s