SPM4

IV. EVALUASI

Evaluasi hasil belajar adalah suatu proses pengumpulan bukti-bukti hasil belajar dan menyimpulkan tingkat penguasaan kompetensi berdasarkan bukti-bukti tersebut. Penetapan kompeten/tidak kompeten peserta Diklat menggunakan acuan kriteria pada Standar Kompetensi.

Evaluasi hasil belajar siswa mencakup evaluasi formatif, dilakukan pada proses pembelajaran untuk mengetahui daya serap dan kesesuaian PBM, dan sumatif untuk mengukur keberhasilan belajar siswa. Evaluasi sumatif dirancang untuk untuk mengevaluasi setiap akhir kompetensi, setiap eksit (kumpulan beberapa kompetensi se level, atau kumpulan kompetensi untuk satu profesi di bidang budidaya tanaman), atau setiap akhir tahun masa pendidikan. Pola evaluasi yang dilakukan selama pendidikan di SMK adalah sebagai berikut

Dari segi isi materi yang diujikan evaluasi dapat dibedakan seperti matrik berikut:

Bidang kecakapan Tujuan pelatihan Pembelajaran Evaluasi
Kecakapan spesialis
Kerja pada orang lain kompetensi Evaluasi kompetensi
Kecakapan hidup
Kerja mandiri Kerja projek Evaluasi projek
Kecakapan wira usaha Menyediakan pekerjaan pada orang lain Body knowledge dari semua kompetensi yang dipelajari Evaluasi profesi

Evaluasi komptensi dilakukan untuk mengevaluasi setiap kompetensi. Evaluasi projek dilakukan pada akhir pendidikan setelah siswa diberi tugas melakukan kerja projek. Evaluasi profesi dilakukan setelah siswa dinyatakan lulus oleh sekolah, namun belum memperoleh sertifikat dari badan sertifikasi.
Keterangan

Pola evaluasi selama pendidikan di SMK
A. EVALUASI FORMATIF

Pengertian

Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan secara terpadu dengan kegiatan pembelajaran. Kalau hasil evaluasi memberikan inforamsi bahwa sebagian besar siswa tidak dapat mengikuti proses PBM maka guru perlu mengubah strategi pemelajaran

Tujuan

a. untuk umpan balik bagi siswa.
b. Memberikan masukan bagi guru untuk memperbaiki strategi mengajar.

Pelaksanaan

Evaluasi ini dilaksanakan selama proses pembelajaran (lihat diagram 16 pada halaman 21),

B. EVALUASI KOMPETENSI

Pengertian

Evaluasi komptensi adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk menilai penguasaan satu kompetensi yang dipelajari. Kalau ada siswa yang tidak mencapai kompetensi maka dilakukan tes diagnostik diteruskan dengan remediasi sesuai hasil tes diagnostik

Tujuan

Untuk memantau dan mendiagnosis pencapaian kompetensi siswa sehingga memungkinkan dilakukannya pengayaan atau remedias, dan untuk didokumenkan ke skill pasport

Pelaksanaan

Evaluasi ini dilaksanakan melalui pengamatan menggunakan lembar pengamatan seperti berikut ini dan melalui evaluasi kognitif

No Aspek yang dinilai Bobot Unsur-unsur aspek Nilai
1 Persiapan kerja Persiapan substansi
Persiapan alat
Persiapan tempat
Persiapan bahan
2 Proses kerja Langkah kerja
Kecepatan kerja
Ketepatan kerja
3 Sikap kerja Kedisiplinan
Kerja sama
Tanggung jawab
Keselamatan kerja
4 Produk Kesesuaian denga kriteria (Ketepatan ukuran, fungsi dll)

5 Waktu Lebih cepat
Sama
Lebih lambat
dari rencana

6 Kognitif Dengan pemberian soal tes

A. EVALUASI EKSIT

Pengertian

Evaluasi eksit adalah evaluasi yang diselenggarakan setelah siswa menguasai satu kelompok kompetensi dalam satu level pekerjaan tertentu (misal kompetensi A sd H untuk level pekerjaan pekerja kebun).

Tujuan

Tujuan evaluasi eksit adalah untuk mengetahui kemampuan menggunakan kompetensi-kompetensi tertentu yang telah dipelajari peserta diklat. Bagi peserta diklat yang berhasil, diberi sertifikat sesuai level kompetensi yang dipelajari. Sertifikat kompetensi diberikan sesuai dengan yang dipersyaratkan (standardized) dunia kerja agar yang bersangkutan dapat dinyatakan menguasai atau ahli (mastery) pada level kompetensi tertentu program keahlian tersebut

Pelaksanaan

Evaluasi ini dilakukan pada akhir level setelah siswa mempelajari kompetensi-kompetensi tertentu dalam level yang sama. Materi yang diujikan adalah verifikasi bukti belajar semua kompetensi yang telah dipelajaringya, bagi yang memenuhi syarat dilanjutkan dengan pemberian tugas.
Untuk level satu( pekerja kebun) siswa ditugaskan menyusun prosedur operasi baku untuk masing-masing kompetensi yang sudah dikuasainya., sedangkan untuk level dua( pelaksana kebun ) siswa diberikan study kasus dalam setiap kompetensi kaitannya dengan kegiatan budidaya. Nilai akhir ditentukan oleh hasil penyelesaian tugas ahir ( penyusunan prosedur operasi baku tiap kompetensi dan penyelesaian study kasus dari setiap kompetensi). Pelaksanaan evaluasi bekerjasama dengan institusi pasangan sebagai penjamin mutu.

Diagram 20. Langkah-langkah pelaksanaan evaluasi eksit

Alur Proses Deskripsi Penanggung Jawab Unit Terkait Hasil

Siswa yang telah lulus uji beberapa kompetensi dalam satu level didaftarkan untuk mengikuti verifikasi hasil oleh evaluator eksternal

Kalau menurut verifikasi sudah memenuhi maka siswa boleh mengikuti tes eksit
Langkah-langkah eksit dapat dilihat pada diagram 21

Peserta yang lulus diberi sertifikat profesi
Diagram 21. Alur pelaksanaan ujian eksit

Alur Proses Deskripsi Penanggung Jawab Unit Terkait Hasil

Subkompetensi yang diujikan adalah sub kompetensi yang paling penting dalam kelompok kompetensi yang akan di ujikan Institusi pasangan
Aspek yang akan diujikan dipilih apakah kognitif atau psikomotorik Institusi pasangan
Metode dipilih sesuai dengan materi uji Institusi pasangan
Penulisan perangkat uji soal; petunjuk penilaian dan pedoman penilaian Institusi pasangan
Institusi pasangan
Industri yang tidak dilibatkan dalam penyusunan perangkat uji
Institusi pasangan
Peserta yang lulus diberi sertifikat profesi Institusi pasangan

D. EVALUASI AKHIR PENDIDIKAN

Pengertian

Evaluasi akhir pendidikan adalah evaluasi yang diselenggarakan setelah siswa menyelesaikan semua paket diklat SMT

Tujuan

Tujuan evaluasi akhir pendidikan adalah untuk mengetahui kemampuan menerapkan kompetensi-kompetensi tertentu yang telah dipelajari peserta diklat. Dalam kegiatan usaha dibidang budidaya tanaman. Bagi peserta diklat yang berhasil, diberi sertifikat sesuai level kompetensi yang dipelajari. Sertifikat kompetensi diberikan sesuai dengan yang dipersyaratkan (standardized) dunia kerja agar yang bersangkutan dapat dinyatakan menguasai atau ahli (mastery) pada level kompetensi tertentu program keahlian tersebut. Evaluasi akhir pendidikan dilakukan melalui kerja project (Project work) individual siswa.

Pelaksanaan

Alur pelaksanaan evaluasi akhir pembelajaran dapat dilihat padadiagram berikut

Diagram 22 Alir pelaksanaan ujian akhir pendidikan

Alur Proses Deskripsi Penanggung Jawab Unit Terkait Hasil

Siswa mengajukan proposal kerja projek Tim pembimbing (dari sekolah dan industri pasangan) Proposal yang disetujui tim pembimbing

Evaluasi dilakukan untuk setiap kompetensi selama proses produksi Tim pembimbing (dari sekolah dan industri pasangan) Keterangan penguasaan kompetensi

Penjamin mutu melakukan verifikasi berdasarkan portofolio masing-masing siswa Petugas dari lembaga penguji luar Keterangan penguasaan kompetensi yang sudah diverifikasi

E. EVALUASI SERTIFIKASI JAMINAN MUTU

Pengertian
Evaluasi sertifikasi Jaminan Mutu adalah evaluasi yang diselenggarakan untuk memperoleh pengakuan dari lembaga penjamin mutu pendidikan/Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dari Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP), setelah siswa menyelesaikan semua kompetensi pada program keahlian yang ditekuninya di SMK.

Tujuan
Untuk memperoleh pengakuan dari penjamin mutu

Pelaksanaan
Pelaksanaan evaluasi sertifikasi dapat dilihat pada diagram alir 23 sebagai berikut:

Diagram 23 Alur proses evaluasi sertifikasi jaminan mutu
Alur Proses Deskripsi Penanggung Jawab Unit Terkait Hasil

Kompetensi kompetensi yang diujikan adalah sub kompetensi yang paling penting dalam kelompok kompetensi yang akan di ujikan Institusi pasangan
Aspek yang akan diujikan dipilih apakah kognitif atau psikomotorik Institusi pasangan
Metode dipilih sesuai dengan materi uji Institusi pasangan
Penulisan perangkat uji soal; petunjuk penilaian dan pedoman penilaian Institusi pasangan
Institusi pasangan
Industri yang tidak dilibatkan dalam penyusunan perangkat uji
Institusi pasangan
Peserta yang lulus diberi sertifikat profesi
Institusi pasangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s